Kamis, 29 Desember 2011

Ragam Musik di Asia

Membicarakan musik Asia, kita akan selalu melihat pada instrument, melodi, dan ritme. Dalam musik, kata instrument menunjuk pada pengertian yang berhubungan dengan alat musik. Pada umumnya instrument musik di Asia tidak berdiri sendiri. Hal ini berbeda dengan instrument musik barat seperti piano, gitar, atau biola yang dapat dimainkan sendiri. Latihan penguasaan instrument musik barat selalu dimulai dengan aktivitas individual. Sedangkan musik Asia selalu dimainkan bersama. Meskipun demikian teknik memainkan instrument tertentu seperti gender, kecapi, rebana, tahyen, samisen, dan rebab juga perlu dipahami sendiri.

Asia merupakan benua dengan negara terpadat dan unik. Masyarakat dunia menyebutnya oriental atau benua timur. Musik asia berbeda dengan musik barat. Benua Asia memiliki beragam jenis musik yang berkembang di setiap negara. Secara garis besar, musik di Negara asia dikelompokkan menjadi empat. Keempat musik tersebut adalah musik melayu, musik oriental, musik Hindustan, dan musik timur tengah.

1. Musik Melayu
Negara yang masuk ke dalam rumpun melayu di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam. Ciri utama musik melayu adalah menggunakan alat musik membranophone atau gendang tradisional yang menghasilkan sentuhan dendang dan joget.


2. Musik Oriental
Negara oriental antara lain Cina, Jepang, Korea, dan Hongkong. Pada musik oriental yang paling menonjol adalah instrument string (alat musik petik dan gesek) dengan tangga nada pentatonic setempat.

3. Musik Hindustan
Musik Hindustan yang paling dominan adalah dari Negara India dan Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrument tabla. Tabla yaitu kendang dai India yang berupa sepasang kendang berbentuk kendil, dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.

4. Musik Timur Tengah
Musik timur tengah antara klain qasidah. Qasidah ialah lagu yang bernapaskan islam yang melodinya berakar pada lagu timur tengah (Arab). Penyajian lagu-lagu timur tengah menggunakan iringan seperangkat rebana. Lagu-lagu qasidahberdasarkan tangga nada tradisional dari timur tengah. Tangga nadanya memiliki skala nada diatonic dan kandungan nada-nada mikrotonik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar