Kamis, 29 Desember 2011

“Model Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik”

“Model Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik” : Inovasi Baru Pembelajaran Permainan di Sekolah
Model pembelajaran dengan pendekatan taktik menawarkan sisi lain dari proses pembelajaran yang terpusat pada siswa dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan olahraga permainan yang didukung oleh pemahaman taktik yang baik serta penguasaan keterampilan teknik dasar yang baik pula. Pemahaman taktik merupakan hal yang sangat penting dalam olahraga permainan, merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah – masalah taktis yang muncul selama permainan berlangsung, kemudian memberikan respon yang sesuai dengan masalah yang muncul. Sedangkan penguasaan keterampilan teknik dasar merupakan respon yang digunakan untuk memecahkan masalah yang muncul tersebut.
Melalui model pembelajaran dengan pendekatan taktik, siswa dikondisikan berada dalam kondisi yang menekankan pada pengenalan masalah – masalah taktik, sebelun mengidentifikasi dan menggunakan keterampilan teknik sebagai cara untuk memecahkan masalah – masalah taktik yang muncul.
Dengan mengombinasikan pemahaman taktik bermain dan penguasaan teknik dasar dalam suatu model pembelajaran yang terpadu, anak – anak akan belajar mengenal permainan secara utuh dengan tujuan memiliki pemahaman taktik untuk menjawab pertanyaan apa yang akan dilakukan, dan memiliki kemampuan teknik untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara melakukannya.

Meskipun penguasaan keterampilan teknik dasar merupakan hal yang penting dalam suatu permainan, tapi keputusan yang sesuai mengenai apa yang harus dilakukan dalam situasi bermain juga merupakan hal yang penting. Pengetahuan mengenai apa yang harus dilakukan pada saat menghadapi masalah taktik bermain inilah yang kurang mendapatkan perhatian dari guru dan pelatih pada ssat proses permainan berlangsung.
Pada dasarnya konsep permainan terletak pada proses pengambilan keputusan yang mendahului penggunaan teknik dasar yang sesuai. Jika seseorang tidak memahami apa yang harus dilakukan, maka kemampuan mereka untuk mengidentifikasi teknik yang benar dalam situasi permainan akan terganggu. Melalui model pembelajaran taktik, pemahaman taktik merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai. Sehingga akan memberikan keleluasaan pada anak untuk mecahkan masalah – masalah pada setiap situasi bermain dengan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar