Selasa, 03 Januari 2012

PENGERTIAN HASIL BELAJAR

Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan atau kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis, dan mengevaluasi materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Menurut Robert Gagne yang dikutip oleh (Esti, 1989 : 102) hasil belajar siswa dapat dimasukkan dalam 5 kategori yaitu:
1.Informasi verbal ialah tingkat pengetahuan yang dimiliki seseorang yang dapat diungkapkan melalui bahasa lisan maupun tertulis kepada orang lain.

2.Kemahiran intelektual ialah tingkat kemampuan seseorang yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan dirinya sendiri. Gagne selanjutnya membagi kemahiran intelektual menjadi 4 kategori yaitu:
a.Diskriminasi jamak (multiple discrimination) yaitu kemampuan seseorang dalam membedakan antara obyek yang satu dengan yang obyek yang lain.
b.Konsep (concept) yaitu satuan arti yang mewakili sejumlah obyek yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Konsep dapat dilambangkan dalam bentuk kata yang mewakili konsep itu.
c.Kaidah (rule) yaitu dua konsep atau lebih jika dihubungkan satu sama lain terbentuk suatu ketentuan yang mewakili suatu keteraturan.
d.Prinsip (higer-order ruler) yaitu terjadinya kombinasi dari beberapa kaidah, sehingga terbentuk suatu kaidah yang lebih kompleks. Kaidah tersebut disebut prinsip. Berdasarkan prinsip orang dapat memecahkan masalah.

3.Pengaturan kegiatan kognitif (cognitive strategy) yaitu kemampuan yang dapat menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri, khususnya bila sedang belajar dan berfikir.

4.Sikap (attitude) yaitu sikap tertentu dari seseorang terhadap suatu obyek.

5.Keterampilan motorik (motor skill) yaitu seseorang yang mampu melakukan suatu rangkaian gerak-gerik jasmani dalam urutan tertentu dengan mengadakan koordinasi antara gerak-gerik berbagai anggota badan secara terpadu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar