Minggu, 08 Januari 2012

Metode Pembelajaran

Metode merupakan cara yang sistematik yang digunakan untuk mencapai tujuan. Cara yang sistematik ini merupakan bentuk konkrit dari pada penerapan petunjuk-petunjuk umum pembelajaran pada proses pembelajaran tertentu.

a. Metode ceramah
Metode ceramah merupakan suatu cara penyampaian informasi secara lisan dari seorang guru kepada peserta didik dalam suatu ruangan. Penggunaan metode ceramah bermaksud menyediakan informasi umum mengenai beberapa hal antar lain mengenai kebijaksanaan, situasi. Selain itu ceramah bermaksud mengantarkan suatu informasi yang diperlukan peserta didik sebagai suatu bagian daripada proses pengembangan suatu keterampilan tertenru. Dalam hal ini ceramah dipandang sebagai salah satu dari metode yang akan dimanfaatkan untuk membantu pengembangan keterampilan peserta didik.

b. Metode tanya jawab
Metode tanya jawab merupakan metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antar guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab, atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa. Metode ini merupakan uasaha penyingkiran rintangan selama atau sesudah berlangsungnya masa ceramah.

c. Metode demonstrasi dan eksperimen
Metode demonstrasi dan eksperimen merupakan metode mengajar yang sangat efektif, sebab membantu para siswa untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta (data) yang benar. Demonstrasi yang dimaksud ialah suatu metode mengajar yang memperlihatkan bagaiman proses terjadinya sesuatu.
Dalam pelaksanaanya demonstrasi dan eksperimen dapat digabungkan, artinya demonstrasi dulu lalu diikuti dengan eksperimen.

d. Metode resistansi (pemberian tugas)
Metode resistansi (pemberian tugas) mempunyai tiga fase, yaitu guru memberikan tugas, siswa melaksanakan tugas dan siswa mempertanggungjawabkan tugas. Dalam memberiakan tugas pada siswa, guru harus merumuskan tujuan yang jelas yang hendak dicapai oleh siswa dan guru juga harus memberikan petunjuk yang jelas yaitu menunjukkan aspek-aspek yang perlu diajari agar siswa tidak merasa bingung mengenai materi pembelajaran yang harus dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar