Senin, 09 Januari 2012

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kopi, selain nikmat juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.
Berikut di bawah ini alasan mengapa minum kopi baik untuk kesehatan:

1. Mencegah diabetes
Jika Anda suka mengonsumsi kopi murni, Anda berpeluang hampir 60 persen menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 daripada yang tidak minum kopi. Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

2. Mencegah Kanker Kulit
Kesimpulan ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini upaya preventif atas perkembangan tumor.

3. Mencegah Stress
Aroma kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi juga membantu Anda meredakan stres dengan memicu aktivitas gen yang berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.

4. Mencegah Gigi Berlubang
Minum kopi ternyata dapat mencegah gigi berlubang. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada kopi, trigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang dapat menyerang enamel gigi.

5. Mencegah Parkinson
Orang dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit neurologis, seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein, dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan risiko parkinson.

6. Mencegah Penyakit Jantung
Peneliti Belanda menemukan orang yang minum kopi dua hingga empat cangkir sehari berhasil menurunkan risiko penyakit jantung mereka sebanyak 20 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Antioksidan yang terdapat pada kopi memberikan perlindungan yang baik dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker Mulut Dan Tenggorokan
Sebuah penelitian di Italia menemukan kandungan kafein pada kopi mencegah munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi sekitar empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko kanker mulut tertentu dan tenggorokan hampir 40 persen.

Konsumsilah kopi secara bijaksana dan tidak berlebihan. Jangan lupakan konsumsi air putih.
Sumber:
http://www.rakyatdemokrasi.com/2011/7-manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar